Sebagai city car, namun kesan sempit
menjadi sirna ketika sudah duduk di dalam. Penumpang dengan tinggi badan 170
centimeter bisa duduk dengan lega, baik di bangku depan maupun belakang. Tak
heran kalau Atoz menarik banyak peminat.
Di awal pemunculannya, meski terbilang merek baru asal Korea, Atoz berhasil membombardir produk Jepang. Mesin 1.000 cc-nya sudah mengaplikasi sistem multipoint injection 12 valve layaknya mobil modern di eranya. Sebaliknya Karimun sebagai rival Atoz masih mengusung pasokan bahan bakar karburator dengan 8 katup.
Atoz juga menjadi pionir transmisi matik untuk city car - sangat aplikatif untuk lalu lintas di dalam kota yang padat. Berbekal keunggulan konsumsi bahan bakar dan kelebihan-kelebihan lainnya ini, Atoz pun muncul menjadi primadona pasar city car.
History
Hyundai Atoz dihadirkan utuh langsung dari Korea di awal 2000 dengan pilihan transmisi manual dan matik. Namun sejak 2001, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) merakitnya di Tanah Air, tentu dengan sedikit penyesuaian spesifikasi.
Untuk mencirikannya Atoz CKD, Anda dapat berpatokan pada diameter antarbaut roda (PCD) yang berubah dari 114,3 mm di versi CBU menjadi 100 mm.
Pilihan variannya juga diperlebar PT HMI, yakni dengan adanya varian G, GLX serta GLS. Tipe G tampil paling minim opsi, tanpa perangkat audio, foglamp, power window, pelek kaleng, dan tanpa hardboard belakang.
Versi GLX sedikit lebih lengkap dengan pintu depan sudah dilengkapi power window, audio, serta third brake lamp. Sedangkan Atoz GLS sebagai model termewah memiliki fitur paling lengkap dan memiliki pilihan transmisi matik. Ada lagi varian Smart Edition yang merupakan unit pesanan sesuai selera konsumen.
Pertengahan 2003, PT
HMI melakukan facelift pada Atoz. Kali ini varian GLX sudah menggunakan
bumper sewarna bodi, sementara GLS mengaplikasi two tone color. Perubahan
lain ada pada lampu depan dan foglamp diamond cut, gril, garnish di
tempat pelat nomor belakang, serta panel instrumen berdasar putih.Di awal pemunculannya, meski terbilang merek baru asal Korea, Atoz berhasil membombardir produk Jepang. Mesin 1.000 cc-nya sudah mengaplikasi sistem multipoint injection 12 valve layaknya mobil modern di eranya. Sebaliknya Karimun sebagai rival Atoz masih mengusung pasokan bahan bakar karburator dengan 8 katup.
Atoz juga menjadi pionir transmisi matik untuk city car - sangat aplikatif untuk lalu lintas di dalam kota yang padat. Berbekal keunggulan konsumsi bahan bakar dan kelebihan-kelebihan lainnya ini, Atoz pun muncul menjadi primadona pasar city car.
History
Hyundai Atoz dihadirkan utuh langsung dari Korea di awal 2000 dengan pilihan transmisi manual dan matik. Namun sejak 2001, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) merakitnya di Tanah Air, tentu dengan sedikit penyesuaian spesifikasi.
Untuk mencirikannya Atoz CKD, Anda dapat berpatokan pada diameter antarbaut roda (PCD) yang berubah dari 114,3 mm di versi CBU menjadi 100 mm.
Pilihan variannya juga diperlebar PT HMI, yakni dengan adanya varian G, GLX serta GLS. Tipe G tampil paling minim opsi, tanpa perangkat audio, foglamp, power window, pelek kaleng, dan tanpa hardboard belakang.
Versi GLX sedikit lebih lengkap dengan pintu depan sudah dilengkapi power window, audio, serta third brake lamp. Sedangkan Atoz GLS sebagai model termewah memiliki fitur paling lengkap dan memiliki pilihan transmisi matik. Ada lagi varian Smart Edition yang merupakan unit pesanan sesuai selera konsumen.
Eksterior Hyundai Atoz
Tampilan Hyundai Atoz terlihat sangat
kental akan desain type Korea yang pastinya berbeda jauh dengan desain mobil
dari pabrikan Jepang.Perbedaan lekukan meskipun dimensinya terbilang tidak
terpaut jauh dengan para pesaingannya.
Untuk bagian depan,Hyundai Atoz dengan
lampu ead lamp membulat dengan ciri khas Hyundai pada saat itu.Untuk bagian
Grill berbentuk memanjang dengan lengkukan membulat
Ketika Facelift dilakukan,se;uruh
eksterior bagian depan Hyundai Atoz berubah Total.Headlap yang tidak lagi
membulat namun berubah menjadi bentuk trapesium.Dilihat dari sekilas view
tampilannya seperti Suzuki Escudo Gen2.Dan bumper juga turutberubah dengan
tampilan modern sehingga terlihat modern.
Interior Hyundai Atoz
Terkesan sempit diliat dari luar ketika
masuk di dalam kabin Hyundai Atoz.Kabinnya tersa sangat lapang berkat dimensi
tingginya yang memang di atas rata-rata.Model dashboardnya yang ramping juga
turut membantu ketersediaan ruang bagian bawah kaki untuk baris depan.Seluruh
tombol di letakkan dibagian tengah sedikit ke bawah
Interior Hyundai Atoz Lama
Secara overall,kabin Hyundai Atoz memang terkesan
lapang dan nyaman.Namun di tunjang oleh fitur penting lainnya seperti
pengaturan ketinggian setir.Posisi setir nya juga terlalu tinggi dan kurang pas
bagi pengemudi berbadan pendek.Namun Visibilitas yang terlihat dari kesegala
arah cukup baik.
Hyundai Atoz 1.0 GLX M/T
|
2000-2005
|
Hyundai Atoz 1.0 GLS M/T
|
2000-2005
|
Hyundai Atoz 1.0 GLS A/T
|
2000-2005
|
New Atoz 1.1 M/T
|
2005-2007
|
New Atoz 1.1 A/T
|
2005-2007
|
0 komentar:
Posting Komentar